Selasa, 16 November 2010

BERBAGI DENGAN MASYARAKAT

Tanggal 14 Nopember 2010, Aristiono Nugroho sebagai narasumber (sekaligus motivator) Socio Motivation berbagi dengan masyarakat (dari kalangan yang heterogen) tentang motivasi, khususnya yang berkaitan dengan “Mampu Mengembangkan Diri”.


Pada kesempatan itu berhasil difahami, bahwa: Pertama, menjadi orang yang mampu mengembangkan diri ada syaratnya, yaitu: memiliki rasa ingin tahu, pemikiran terbuka, dapat menerima perubahan, bersedia belajar terus menerus, dan bersedia membangun suasana yang nyaman dan aman.


Kedua, menjadi orang yang mampu mengembangkan diri ada caranya, yaitu: bersedia menjadi orang yang tahu tentang sesuatu, agar bisa melakukan sesuatu, sehingga menjadi orang yang sukses. Selain itu juga diperlukan kesediaan untuk melakukan analisis kebutuhan dengan mempertimbangkan kepentingan para pihak, serta bersedia melakukan perbaikan kompetensi.


Ketiga, menjadi orang yang mampu mengembangkan diri, mengindikasikan kualitas seseorang yang bersedia berubah menjadi lebih baik. Bila gagal berubah, maka orang tersebut akan berusaha terus menerus agar berubah menjadi lebih baik. Agar berubah, maka pelajari data (valid dan reliable) yang ada secara obyektif (sesuai tujuan analisis), sehingga seseorang dapat melakukan sesuatu dengan tepat (baik, benar, dan indah). Seseorang yang yang mampu mengembangkan diri, juga mengindikasikan kualitas seseorang yang bersedia terus menerus mencari peluang, agar menjadi lebih baik.


2 komentar:

  1. Bagi-bagi Pak ilmunya....cocoknya buat siapa saja? Bagaimana kalau ditawarkan ke sekolah-sekolah....dengan audience para guru?
    Trims sudah mengunjungi blog saya di www.megurusejarah.blogspot.com

    BalasHapus
  2. waah.. ni bisa bikin otak lbih berisi..thnks mr,dh memberi motivasi otak saya,thnks jg dh mampir di blogspot saya.jngan lupa jalan2 ke purwokertonya.http://www.curugcipendok.blogspot.com

    BalasHapus