Minggu, 18 Maret 2012

ENHANCING LIVES

Istilah “enhancing lives” dapat dimaknai sebagai “memperbaiki kehidupan”. Agar dapat memperbaiki kehidupan, maka setiap manusia perlu memperhatikan petunjuk Al Qur’an dan Al Hadist.


Sebagai contoh, Allah SWT berfirman, ”... Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara-cara yang baik. ...” (QS.2:233).


Firman Allah SWT dalam QS.2:233 menunjukkan, bahwa seorang laki-laki bertanggung-jawab atas keluarganya. Seorang laki-laki berkewajiban memenuhi kebutuhan hidup anak-anaknya, dan istrinya (ibu dari anak-anaknya).


Oleh karena itu, apabila ada seorang istri yang bekerja mencari nafkah, maka pertanyaannya adalah, ”Apakah suaminya telah bekerja sungguh-sungguh untuk memenuhi kebutuhan keluarganya?”


Apabila ternyata sang suami belum bekerja sungguh-sungguh untuk memenuhi kebutuhan keluarganya, maka sang suami tergolong sebagai suami yang dzalim, karena telah melalaikan kewajibannya.


Begitu juga apabila ada seorang anak yang bekerja mencari nafkah, maka pertanyaannya adalah, ”Apakah ayahnya telah bekerja sungguh-sungguh untuk memenuhi kebutuhan keluarganya?”


Apabila ternyata sang ayah belum bekerja sungguh-sungguh untuk memenuhi kebutuhan keluarganya, maka sang ayah tergolong sebagai ayah yang dzalim, karena telah melalaikan kewajibannya.


Rasulullah Muhammad SAW pernah bersabda, ”Sesungguhnya wanita itu adalah saudaranya laki-laki” (Hadist Riwayat: Ahmad).


Sabda Rasulullah Muhammad SAW ini menunjukkan adanya perintah bagi seorang laki-laki untuk melindungi wanita. Rasulullah Muhammad SAW menggunakan kata ”saudara”, untuk menunjukkan kedekatan sosio-emosional antara laki-laki dan wanita.


Oleh karena itu, bila ada seorang laki-laki yang menganiaya wanita, maka laki-laki itu adalah laki-laki yang dzalim. Demikian pula halnya, bila ada seorang suami yang menganiaya istrinya, maka suami tersebut tergolong sebagai suami yang dzalim. Rasulullah Muhammad SAW pernah bersabda, ”Sebaik-baik suami adalah yang paling sayang kepada istrinya.”


Inilah beberapa contoh nilai-nilai Islam, yang menunjukkan bahwa enhancing lives barulah akan terwujud, bila seorang manusia berkenan menjadikan Al Qur’an dan Al Hadist sebagai pedoman hidupnya.


Selamat merenungkan, semoga Allah SWT meridhai...

...

1 komentar:

  1. Jazakallohu khoeron katsiro, telah diberikan ilmu yang berharga dan bermanfaat, semua tulisan kami share untuk dijadikan bahan dalam perjalanan menapaki hidup

    BalasHapus