Sabtu, 31 Maret 2012

FOR THE ONES WE CARE FOR


Istilah “for the ones we care for” dapat dimaknai sebagai “untuk yang kami perdulikan”. Istilah ini disampaikan oleh Umat Islam kepada seluruh manusia di muka bumi, sebagai bentuk kerekatan sosial antara keduanya. Umat Islam bertanggung-jawab untuk mengajak seluruh manusia di muka bumi agar berkenan berada di “jalan” taqwa kepada Allah SWT. 

Formulanya sederhana, yaitu: Pertama, beribadah kepada Allah SWT, sebagaimana dimuat dalam Rukun Islam, serta segenap konsekuensinya. Kedua, rahmatan lil’alamiin atau memberi manfaat optimal bagi alam semesta, sebagai salah satu konsekuensi atas ketaqwaan kepada Allah SWT.

“For the ones we care for, yaitu seluruh manusia di muka bumi. Bertaqwalah kepada Allah SWT dan rahmatan lil’alamiin,” demikianlah ungkapan hati Umat Islam. Ungkapan hati sahabat, yang berharap sahabatnya selamat dan berbahagia di dunia akherat.

“For the ones we care for, ucapkanlah syahadat dengan sepenuh hati! Karena syahadat merupakan komitmen seorang manusia kepada Tuhannya, yaitu Allah SWT. Bahwa ia hanya mempertuhankan Allah SWT, dan ia mengerti, faham, dan mengakui bahwa Rasulullah Muhammad SAW adalah utusan Allah SWT bagi seluruh manusia di muka bumi.”
 
“For the ones we care for, dirikanlah shalat dengan sepenuh hati! Karena shalat adalah kesempatan seorang manusia beraudiensi dengan Tuhannya, yaitu Allah SWT. Saat shalat, seorang manusia mencharger hatinya dengan komitmen kemuliaan seorang manusia, yang bersungguh-sungguh mempertuhankan Allah SWT, dan siap melaksanakan rahmatan lil’alamiin.

“For the ones we care for, lakukanlah puasa di Bulan Ramadhan dengan sepenuh hati! Karena puasa di Bulan Ramadhan merupakan “kado” terindah seorang manusia untuk Tuhannya, yaitu Allah SWT. Saat berpuasa di Bulan Ramadhan, seorang manusia sedang manjalin hubungan rahasia dan mempribadi dengan Allah SWT, sehingga hanya Allah SWT yang berhak menerima “kado” terindah itu.



“For the ones we care for, tunaikanlah zakat dengan sepenuh hati! Karena zakat menunjukkan komitmen yang kuat seorang manusia, untuk tunduk kepada Tuhannya, yaitu Allah SWT. Saat menunaikan zakat, seorang manusia sedang belajar berempati kepada orang lain, sebagaimana Allah SWT telah berempati kepada seluruh manusia sejak awal mula manusia diciptakan olehNya.
 
“For the ones we care for, laksanakanlah ibadah haji dengan sepenuh hati! Karena pelaksanaan ibadah haji menunjukkan kesetiaan seorang manusia kepada Tuhannya, yaitu Allah SWT. Saat melaksanakan ibadah haji, seorang manusia berusaha sekuat tenaga meninggalkan segenap kecintaan dunianya, karena ingin bermanja-manja dengan Allah SWT.


“For the ones we care for, inilah yang dapat kami sampaikan,” demikianlah ungkapan hati Umat Islam bagi seluruh manusia di muka bumi.

Selamat merenungkan, semoga Allah SWT berkenan meridhai…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar