Senin, 09 Juli 2012

LEAD DISCUSSION


Allah SWT berfirman, “Sesungguhnya Kami (Allah) telah menunjukkan kepada manusia jalan yang lurus. Di antara mereka ada yang bersyukur, dan ada pula yang kufur” (QS.76:3).

Firman Allah SWT ini menjelaskan adanya kemungkinan sikap seorang manusia, yaitu menjadi manusia yang bersyukur, atau menjadi manusia yang kufur. Meskipun untuk dapat memilih menjadi orang yang bersyukur, Allah SWT telah menurunkan Al Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia.

Dengan berpedoman pada Al Qur’an dan agar dapat menjadi orang yang bersyukur, maka perlu ada upaya saling mengingatkan antar sesama manusia. Saat itulah diperlukan diskusi tentang jalan taqwa kepada Allah SWT.

Agar diskusi tetap terarah ke jalan taqwa kepada Allah SWT, maka yang harus dilakukan adalah lead discussion (diskusi terpimpin). Diskusi ini mengacu pada Al Qur’an dan Al Hadist dibawah bimbingan seorang ulama, yang sangat bersemangat untuk bersama-sama dengan umat berada di jalan taqwa kepada Allah SWT.

Diskusi diawali dengan pembahasan tentang fenomena yang terjadi di masyarakat, lalu fenomena itu dicarikan penjelasannya di Al Qur’an, sehingga berhasil diketahui perspektif Allah SWT terhadap suatu fenomena. Perspektif Allah SWT yang tertuang dalam Al Qur’an kemudian dicarikan penjelasannya dalam Al Hadist, sehingga berhasil diketahui perspektif Rasulullah Muhammad SAW terhadap suatu fenomena.

Selanjutnya perspektif Rasulullah Muhammad SAW ini dicarikan penjelasan kekiniannya, pada beberapa literatur yang ditulis oleh para ulama salaf. Lalu dijelaskan lebih detail aspek kekiniannya olah ulama yang memimpin diskusi tersebut, yang kemudian dilanjutkan dengan diskusi tentang cara melaksanakan perspektif Allah SWT, penjelasan Rasulullah Muhammad SAW, dan nasehat para ulama salaf. Akhir dari lead discussion berupa kesiapan para peserta diskusi untuk berkontribusi bagi upaya perbaikan, yang disesuaikan dengan kemampuan masing-masing.

Selamat merenungkan, dan jangan lupa berdoa kepada Allah SWT, untuk kebaikan Bangsa Indonesia, Bangsa Palestina, dan Umat Islam di seluruh dunia.

Semoga Allah SWT berkenan meridhai…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar