Sabtu, 25 Februari 2012

TRUTH AND STRENGTH

Istilah “truth and strength” dapat dimaknai sebagai “kebenaran dan kekuatan”. Suatu konsepsi akan memiliki kekuatan (strength), bila ia memiliki kebenaran (truth). Selanjutnya, suatu konsepsi akan memiliki kebenaran mutlak, bila bersumber dari Allah SWT. Sebaliknya, bila suatu konsepsi bersumber dari manusia, maka ia hanya berada pada tataran kebenaran relatif.


Nilai-nilai Islam adalah suatu konsepsi yang bersumber dari Allah SWT, maka kebenarannya bersifat mutlak, sehingga ia memiliki kekuatan. Apabila saat ini masih ada pihak-pihak yang menentang penerapan nilai-nilai Islam, maka Umat Islam hendaknya bersabar, seraya terus berjuang membangun critical mass agar semakin banyak anggota masyarakat yang “sadar Islam”.


Caranya dengan berdakwah sesuai kemampuan masing-masing. Bagi yang mampu mendakwahkan satu ayat, maka dakwahkanlah. Demikian pula bagi yang mampu mendakwahkan satu surat, maka dakwahkanlah. Melalui dakwah insyaAllah akan semakin banyak anggota masyarakat yang “sadar Islam”.


Kesadaran tentang Islam, pada gilirannya akan mendorong masyarakat, untuk menerapkan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari. Akibatnya timbul kebangkitan massa dalam hal: (1) aqidah, (2) ibadah, (3) muamallah, (4) adab, dan (5) akhlak. Kondisi ini memberi kesempatan pada masing-masing anggota masyarakat, untuk mengembangkan kapasitasnya yang berupa: (1) fathonah, (2) amanah, (3) shiddiq, dan (4) tabligh.


Pengembangan kapasitas ini “memaksa” seorang anggota masyarakat untuk berperan sebagai: (1) mujahiddin, (2) uswatun hasanah, (3) assabiquunal awwalluun, dan (4) sirajan muniran. Dengan demikian dapat diikhtiarkan terwujudnya peradaban Islam, yang: (1) transenden, (2) humanis, dan (3) emansipatori.


Apabila semua ini dapat terwujud, maka sesungguhnya saat itu telah terbentuk generasi Islami yang bervisi, “Menggapai Ridha Allah SWT’, dengan misi: (1) beribadah kepada Allah SWT, dan (2) rahmatan lil’alamiin.


Selamat berikhtiar, semoga Allah SWT meridhai…


Tidak ada komentar:

Posting Komentar