Jumat, 28 Mei 2010

MAMPU MENGATUR DIRI

Setelah seseorang berhasil membangun percaya diri dan “beralamat sendiri”, maka ia berpeluang mengatur diri. Sebagaimana diketahui, mengatur diri adalah suatu kondisi ketika seseorang mampu mengubah pemikiran, sikap dan perilakunya, sehingga dari berbagai masukan yang diperolehnya, ia dapat menghasilkan keluaran dan dampak yang paling baik.


Ketika seseorang menyatakan dirinya bersedia berubah, maka sesungguhnya ia siap berpikir, bersikap, dan berperilaku berbeda dari sebelumnya, menuju ke arah yang lebih baik. Saat itu ia siap mengelola segala potensi dan masukan dari orang lain, sebagai bagian dari proses menuju keberhasilan. Dengan demikian ia memiliki harapan bagi dihasilkannya keluaran yang baik, yang kelak juga akan memberi dampak yang baik.


Sebagai acuan bagi perubahan pemikiran, sikap, dan perilakunya, ia perlu menetapkan visi dan misi baru bagi hidupnya. Visi, adalah cita-cita yang ingin dicapai oleh seseorang di masa depan, yang rumusannya akan memberikan inspirasi, motivasi, dan kekuatan pada orang tersebut. Biasanya seseorang akan merumuskan visi yang dapat ia capai, dan dapat ia ukur pencapaiannya, serta dapat ditetapkan periode waktu pencapaiannya.


Sementara itu, misi adalah “perintah” yang harus dilakukan oleh seseorang sesuai dengan visi yang telah ditetapkannya. Rumusan misi seseorang akan memberikan arah bagi orang tersebut dalam mewujudkan visinya. Oleh karena itu, rumusan misi seseorang akan ditetapkannya dalam bentuk rumusan kegiatan utama yang perlu dilakukannya.


Rumusan kegiatan tersebut juga akan dikaitkan dengan ruang lingkup hasil yang hendak dicapai oleh seseorang, dan syarat-syarat yang berkaitan dengan pemikiran, sikap, dan perilaku yang dibutuhkan untuk memperoleh hasil yang baik. Syarat-syarat tersebut, antara lain: (1) bersedia menggapai kemampuan di bidang tertentu , (2) bersedia menggapai kemampuan memelihara kelangsungan hidup, (3) bersedia menggapai kemampuan hidup bermasyarakat, dan (4) bersedia menggapai kemampuan belajar sepanjang masa.


Ringkasnya, agar seseorang dapat mengatur diri, maka ia harus mampu mengubah pemikiran, sikap dan perilakunya. Acuan bagi perubahan pemikiran, sikap, dan perilaku orang tersebut adalah visi dan misi baru, yang ditetapkannya sebagai respon atas dinamika sosial yang ada. Berdasarkan berbagai masukan yang diperolehnya, ia dapat menghasilkan keluaran dan dampak yang paling baik.

9 komentar:

  1. Wah mantap mas, sangat motifatif, terima kasih sudah berkunjung ke blog saya yang jelek, maklum mas baru belajar nich, hehehe jadi masih butuh bimbingan...!!!

    BalasHapus
  2. waaaah saya jadi malu mas, ilmu saya masi sangat sedikit tapi dpt pujian..
    makasi ilmunya ya mas..

    BalasHapus
  3. Maksih mas pujiannya n isi blog mas sangat bermanfaat ni.
    Meski saya masih newbie jangan sungkan2 datang ke blog saya ya
    Silahkan ntar mas main2 ke blog saya
    di mhudas21.blogspot.com
    Smoga bermanfaat

    BalasHapus
  4. waaah blog nya inspiratif sekali, beda sekali dengan blog saya yg cuma sekedar curhat anak sma, hehehehe :D nice post! terus posting yg selalu bermanfaat untuk orang banyak ya! :)

    BalasHapus
  5. Terimakasih atas kunjungan bpk pada blog saya, mudah-mudahan bpk berkenan memberikan masukan dan saran agar blog saya dapat dikembangkan lebih baik lagi kayak blog bpk ini. Maklum masih coba-coba bikin blog dengan pengalaman yang sangat minim. Motivasi saya kembali bangkit setelah membaca artikel bpk.

    BalasHapus
  6. Makasih Pak Dosen sudah berkunjung di blog q (http://puji-ale.blogspot.com)..
    Blog Bapak penuh dengan motivasi supaya qta semua bs maju..
    Warnanya pun bikin hati qta cerah...

    BalasHapus
  7. mantab, kunjungan balik dari www.gurutrenggalek.co.cc

    BalasHapus
  8. Brilian. Saya sering mengatakan pada diri sendiri ingin berubah, tapi tak tahu bagaimana memulai perubahan itu dan mengukur apakah saya sudah berubah atau belum. trims untuk idenya. akan saya coba.

    BalasHapus
  9. wah...sungguh hebat dan sngat di mangerti.aku pasti kan berkunjung terus ke blog ini....sangat mendidik.

    makacih jg ya mas telah mampir ke blog saya...hik..hik..hik...maklum mas gi belajar photo shop nich,,,,,tanks banget.

    BalasHapus