Jumat, 14 Mei 2010

MEMBANGUN PERCAYA DIRI


Percaya diri adalah suatu kondisi ketika seseorang meyakini, bahwa: (1) dirinya mampu melakukan sesuatu dengan baik, (2) dirinya dapat dipercaya sebagai orang yang mampu memberikan hasil terbaik, dan (3) dirinya memiliki sesuatu yang secara potensial dapat menghasilkan sesuatu yang baik. Definisi tersebut menunjukkan, bahwa percaya diri berkaitan dengan tiga hal, yaitu: kemampuan, kepercayaan, dan potensi. Oleh karena itu, dalam rangka membangun percaya diri dibutuhkan upaya perbaikan atas segenap kemampuan, kepercayaan, dan potensi yang dimiliki.

Tepatnya, seseorang yang ingin membangun percaya diri perlu memperhatikan:
Pertama, kemampuan, yaitu kualitas atau keahlian fisikal (bersifat fisik) atau mental (bersifat non fisik) yang dibutuhkan dalam melakukan sesuatu. Kualitas ini perlu diperlihatkan melalui pembuktian atas hasil terbaik atau tertinggi yang dapat dicapai ketika melakukan sesuatu. Bila kemampuan dirasa kurang, maka ia perlu memperbaiki kemampuannya agar tercapai standar kemampuan yang dibutuhkan.

Kedua
, kepercayaan, yaitu keyakinan bahwa seseorang dipandang mampu untuk memberikan hasil terbaik. Keyakinan didasarkan pada pemikiran, yang menunjukkan kebenaran atas pandangan tentang kemampuan orang tersebut. Sementara itu, kebenaran pandangan didasarkan pada adanya kondisi nyata tentang kemampuan seseorang. Dengan demikian, agar dapat memperoleh kepercayaan sebagai orang yang mampu memberikan hasil terbaik, maka seseorang perlu membangun keyakinan orang lain atas dirinya, dengan menunjukkan kebenaran, melalui kondisi nyata atas kemampuan terbaiknya.

Ketiga
, potensi, yaitu suatu kondisi di mana seseorang memiliki peluang atau kemungkinan untuk mewujudkan kualitas terbaik atas sesuatu.
Potensi dapat mewujud bila seseorang berkenan mengoptimalkan energi, dan kekuatan dengan sepenuh hati. Energi, adalah kemampuan untuk menjadi sangat aktif dan tidak cepat lelah.Sementara itu, kekuatan adalah kemampuan untuk mengendalikan dan mempengaruhi orang lain melalui keberhasilan mewujukan sesuatu yang terbaik.

16 komentar:

  1. wah ini yang lagi aku butuhin sekarang. manfaat banget bagi saya. thanks

    BalasHapus
  2. Bapak dosen, saya telah melawat laman blog bapak dan membaca artikel-artikel yang bapak tulis itu. Ternyata idea-idea yang bapak utarakan itu bermanfaat dan berguna sekali untuk membangunkan mental serta fizikal umat manusia. Insya-Allah, pada kesempatan yang lain saya akan mengulas apa-apa yang bapak tulis itu.

    BalasHapus
  3. akhirnya aku dptn cara mmbngun rasa percaya diri,
    ok,
    i want to try it!

    trima kasih atas artikel d atas..

    BalasHapus
  4. helo helo, thanks to visit my blog ;)
    aku udah baca tentang artikel di atas, itu karangan anda? saya salut, itu bisa memotivasi saya untuk membangun percaya diri, thx a lot ;) i'll try it.

    ngomong2 bapak dosen? di universitas mana? :D

    BalasHapus
  5. Salam Blogger..
    Wah, Bapak Dosen STPN, ya? Kebetulan saya punya beberapa teman dari Kantor Pertanahan, yg lulusan STPN..
    Artikel2nya bagus. Keep blogging.

    BalasHapus
  6. thank's to visit my blog..

    artikel bpk sangat bgus..
    semoga saja setelah membaca artikel bapak, saya jadi lebih percaya diri..

    BalasHapus
  7. artikel yang mencerahkan buat saya...

    salam blogger

    BalasHapus
  8. salam blogger,

    i have read your blog and it's wonderful. thanks for your fresh idea.
    i'd like to keep in touch with you.

    for anyone who cares about teaching or motivating teching technique you cn check into this blog :

    http://dimasguru.blogspot.com

    i am looking forward to be able to share my idea with you.

    thanks

    BalasHapus
  9. trimakasih atas komentar dalam blog saya.. nieh, dah dibaca kok artikelnya..

    setuju dengan ap yang tertulis..
    karena saya, sebagai sorang remaja memang sudah seharusnya mengembangkan rasa percaya diri dalam bentuk positif..

    (wah, ngrangkai kata"nya susah je klo mau dibuat formal)
    heheheee... :)

    BalasHapus
  10. Kepada Yth:
    Tiara Sabila Rizka
    Wak Subardjo
    Niaar
    Hasna's Story
    Mufti Aziz Ahmad
    Risma Yanti
    Akhyar Sukardi
    Yani Subandriyo
    Puzpha Loubhee

    Terimakasih yaa... atas komentarnya. Kalau ada kesempatan silahkan mampir lagi, dan bercerita lebih banyak tentang hal-hal yang berkaitan dengan motivasi.

    BalasHapus
  11. assalamu'alaikum.slm blogger.blog yg bgs.terimakasih untuk kunjunganya keblog sy.sukses untuk anda.wassalam

    BalasHapus
  12. terima kasih kunjungannya. semoga bisa saling berbagi.
    teman-teman lain boleh juga kok berkunjung di http://santymarlina.blogspot.com/

    salam sukses

    BalasHapus
  13. Terima kasih kerana mampir di blog saya. Sebenarnya catatan di blog saya hanyalah merupakan catatan-catatan santai untuk mengisi waktu yang terluang.

    Saya sudah melayari blog anda.

    Batu Pahat
    MALAYSIA

    BalasHapus
  14. terimakasih telah mengunjungi blog SMA saya..Blog bapak sangat bermanfaat dan edukatif..monggo mampir di blog saya yang lain di www.thenakulo.blogspot.com (Rumah Sehat)
    salam kenal dan saya sangat senang kalau bapak menjalin pertemanan dengan friend connect di blog saya

    BalasHapus
  15. Mantap nian nich postingnya,buat saya jadi semangat kmbali,thank socio..!
    petrus865@gmail.com
    My site :
    http://petrus.xtgem.com

    BalasHapus
  16. Trima kasih, pak. Udah mampir ke blog saya sebelumnya. Dan untuk orang dengan kepercayaan diri rendah seperti saya, tulisan Bapak sangat membantu saya...
    Salam kenal dari dyah, Pak. Saya salah satu penggemar blog Bapak....

    BalasHapus