Sabtu, 14 April 2012

CELEBRATING THE MIND


Istilah “celebrating the mind” dapat dimaknai sebagai “merayakan pemikiran”.  Ketika seorang manusia merayakan pemikiran, maka ekspresinya adalah bersyukur kepada Allah SWT atas adanya kemampuan pikir yang ada dirinya. Kemudian ia gunakan kemampuan pikir sehebat-hebatnya untuk bertaqwa kepada Allah SWT, dengan beribadah kepada Allah SWT dan rahmatan lil’alamiin.

Kemampuan pikir yang hebat dapat mengatasi dan mengendalikan emosi, yang akan mewujud sebagai perilaku seseorang, yang digerakkan atau diakibatkan oleh kualitas pengendalian diri yang bersangkutan. Sesungguhnya emosi adalah perasaan, yang digerakkan atau diakibatkan oleh kualitas pengendalian diri, melalui pemikiran yang hebat.

Pemikiran yang hebat akan mampu mengendalikan emosi, sehingga orang yang memiliki kualitas ini akan selalu aktif mengungkapkan perasaannya, dengan cara berinteraksi dan bekerja sehebat-hebatnya. Bila dua orang berinteraksi, arah perpindahan suasana perasaan akan terjadi dari orang yang lebih kuat dalam mengungkapkan perasaannya menuju orang yang lebih pasif. Dengan demikian orang yang kuat dalam mengungkapkan perasaannya, adalah orang yang mampu mentransfer perasaannya kepada orang lain, yang dicirikan oleh terpengaruhnya perasaan orang lain tersebut.

Kemampuan mentransfer perasaan kepada orang lain, sesungguhnya merupakan kemampuan mentransfer pemikiran kepada orang lain, karena pemikiran mempengaruhi perasaan. Hal ini akan membuka keberhasilan dakwah orang tersebut kepada orang lain, sehingga ia dapat melaksanakan seruan Allah SWT dalam QS.42:15. 

Allah SWT berfirman, “Maka karena itu serulah mereka (orang-orang sesat) kepada agama Islam, dan tetapkan pendirianmu sebagaimana engkau telah diperintahkan oleh Allah. Dan janganlah mengikuti hawa nafsu mereka, serta katakanlah, “Aku beriman pada hal-hal yang diturunkan Allah melalui KitabNya (Al Qur’an), dan aku diperintahkan agar berlaku adil di antara kamu. Allah adalah Tuhan kami dan Tuhan kamu. Bagi kami amalan kami dan bagi kamu amalan kamu. Tidak ada perbantahan antara kami dan kamu, karena Allah akan mengumpulkan kita, dan hanya kepadaNya tempat kembali” (QS.42:15).

Selamat merenungkan, dan jangan lupa berdoa kepada Allah SWT untuk kebaikan Bangsa Indonesia dan Bangsa Palestina.

Semoga Allah SWT meridhai...

...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar