Minggu, 13 November 2011

ACHIEVE MORE

“Achieve”, berarti “berhasil”, khususnya berhasil mencapai suatu kebajikan melalui kerja keras yang konsisten (selalu dilakukan) dan kontinue (tiada henti). Dengan demikian “achieve more” dapat diartikan “lebih berhasil”, khususnya lebih berhasil dalam mencapai suatu kebajikan melalui kerja keras yang konsisten dan kontinue.


Contoh paling indah, yang menggambarkan seorang manusia yang achieve more melalui kerja keras yang konsisten dan kontinue, adalah Rasulullah Ibrahim AS, khususnya pada moment (point in time) saat beliau diminta menunjukkan keshalehannya dengan mengorbankan anaknya Rasulullah Ismail AS di “jalan” Allah SWT.


Allah SWT mengabadikan kisah ini dalam QS.37:99-111, dengan perincian sebagai berikut: Pertama, pada QS.37:99 Allah SWT mengingatkan, “Dan Ibrahim berkata, “Sesungguhnya aku pergi menghadap kepada Tuhanku, karena Dia (Tuhan, yaitu Allah) akan memberi petunjuk kepadaku.”


Berdasarkan QS.37:99 diketahui, bahwa setiap manusia yang ingin achieve more hendaklah mendekatkan diri kepada Allah SWT, agar ia segera mendapat inspirasi tentang strategi melakukan kebajikan.


Kedua, pada QS.37:100-101 Allah SWT mengingatkan, “(Ibrahim berdoa), Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku seorang anak yang termasuk orang-orang yang shaleh.” Maka Kami (Allah) memberi dia hal yang menggembirakan, dengan menghadirkan seorang anak (Ismail) ) yang amat sabar.”


Berdasarkan QS.37:100-101 diketahui, bahwa setiap manusia yang ingin achieve more hendaklah memohon kepada Allah SWT, agar Allah SWT berkenan memudahkannya dalam melakukan kebajikan.



Ketiga
, pada QS.37:102 Allah SWT mengingatkan, “Ketika anak itu (Ismail) sampai pada umur sanggup untuk berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata, “Hai anakku sesungguhnya aku melihat (mendapat perintah Allah) dalam mimpi, agar aku menyembelihmu. Maka pikirkanlah apa pendapatmu?” Ia (anak itu, yaitu Ismail) menjawab, “Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu. Insya Allah engkau akan mendapati aku termasuk orang-orang yang sabar.”



Berdasarkan QS.37:102 diketahui, bahwa setiap manusia yang ingin achieve more hendaklah selalu siap berbakti kepada Allah SWT dengan segenap keterbatasannya. Kesabaran dalam beribadah kepada Allah SWT dan rahmatan lil’alamiin menjadi sesuatu yang perlu diwujudkan dalam pemikiran, sikap, tindakan, dan perilaku.


Keempat
, pada QS.37:103-106 Allah SWT mengingatkan, Tatkala keduanya (Ibrahim dan Ismail) telah berserah diri (kepada Allah), dan Ibrahim membaringkan anaknya atas pelipisnya. Lalu Kami (Allah) panggil dia (Ibrahim), “Hai Ibrahim, sesungguhnya kamu telah membenarkan mimpi itu. Sesungguhnya demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik. Sesungguhnya ini benar-benar suatu ujian yang nyata.”


Berdasarkan QS.37:103-106 diketahui, bahwa setiap manusia yang ingin achieve more, dan tangguh dalam berbakti kepada Allah SWT akan mendapat pujian dari Allah SWT. Hal ini akan menjadikan yang bersangkutan tergolong sebagi orang-orang yang berbuat baik.


Kelima
, pada QS.37:107-111 Allah SWT mengingatkan, “Dan kami tebus (ganti) anak itu (Ismail) dengan seekor sembelihan (kambing) yang besar. Kami abadikan kisah Ibrahim itu di kalangan orang-orang yang datang kemudian (dengan ucapan), “Kesejahteraan dilimpahkan atas Ibrahim.” Demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik. Sesungguhnya ia (Ibrahim) termasuk hamba-hamba Kami yang beriman.”


Berdasarkan QS.37:103-106 diketahui, bahwa setiap manusia yang ingin achieve more hendaknya memahami tentang adanya ketetapan Allah SWT yang akan terus menerus melindungi dirinya dalam melakukan kebajikan. Selanjutnya kesejahteraan akan dilimpahkan Allah SWT kepada yang bersangkutan, yang juga tergolong sebagai orang-orang yang beriman.


Dengan demikian untuk mencapai achieve more, setiap manusia hendaknya: Pertama, mendekatkan diri kepada Allah SWT. Kedua, memohon kepada Allah SWT. Ketiga, berbakti kepada Allah SWT. Keempat, tangguh dalam berbakti kepada Allah SWT. Kelima, memahami adanya perlindungan Allah SWT bagi upayanya untuk melakukan kebajikan.


Selamat berikhtiar, semoga Allah SWT meridhai....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar