Minggu, 06 November 2011

MEMODIFIKASI KETELADANAN

Setiap manusia tentu berharap sukses dalam hidupnya di dunia, yaitu: Pertama, berhasil beribadah kepada Allah SWT dengan sebaik-baiknya. Kedua, dalam rangka beribadah kepada Allah SWT, juga berhasil rahmatan lil'alamiin.

Oleh karena itu, setiap manusia hendaknya mampu memanfaatkan keteladanan para pendahulunya, terutama Rasulullah Muhammad SAW, para sahabat, dan keluarga Rasulullah Muhammad SAW, serta para ulama salaf (ulama pendahulu).

Untuk mengetahui keteladanan para ulama salaf dapat dibaca buku "Min A'lam Al-Salaf" karya Syaikh Ahmad Farid, yang diterbitkan oleh Dar Al-Akidah, Kairo tahun1426 H atau 2005 M. Bagi yang ingin membaca buku tersebut dalam Bahasa Indonesia dapat membaca terjemahannya yang berjudul "60 Biografi Ulama Salaf" yang diterjemahkan oleh Masturi Ilham Lc. dan Asmuri Taman Lc. terbitan Pustaka Al-Kautsar, Jakarta tahun 2010.

Setelah mengetahui keteladanan para tokoh teladan dalam penerapan nilai-nilai Islam, maka selayaknya setiap manusia yang ingin sukses dapat memodifikasinya untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari di masa kini. Modifikasi harus berada dalam koridor aqidah, ibadah, muamallah, adab. dan akhlak.

Selamat berikhtiar, semoga Allah SWT meridhai...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar