Kamis, 08 Maret 2012

THE WORLD'S CONNECTION

Istilah “connection” dapat dimaknai sebagai “hubungan antara seseorang dengan orang lain, untuk bekerjasama melakukan sesuatu”. Dengan demikian “the world’s connection” dapat dimaknai sebagai “hubungan antara banyak orang dengan banyak orang lainnya di dunia, untuk bekerjasama melakukan sesuatu”.


Istilah “the world’s connection” sangat relevan, ketika diletakkan pada aktivitas setiap muslim yang ada di dunia, karena sesungguhnya setiap muslim di dunia terkoneksi atau terhubung satu sama lain melalui nilai-nilai Islam (aqidah, ibadah, muamallah, adab, dan akhlak).


The world’s connection sangat relevan bagi muslim, karena segenap aktivitas mereka terkoneksi kuat dalam kesamaan nilai-nilai yang diperjuangkan. Contoh: Pertama, aqidah setiap muslim bersubstansi keyakinan, bahwa hanya Allah SWT yang merupakan Tuhan bagi semesta alam.


Kedua, ibadah setiap muslim sebagaimana ibadah yang dilakukan oleh Rasulullah Muhammad SAW, yang hanya diabdikan kepada Allah SWT.


Ketiga, muamallah setiap muslim berada pada tatanan sosial yang telah ditetapkan Allah SWT, yang antara lain harus bermanfaat, serta tidak boleh mengandung unsur riba dan konsepsi haram lainnya.


Keempat, adab setiap muslim sebagaimana yang dicontohkan oleh Rasulullah Muhammad SAW.


Kelima, akhlak setiap muslim merupakan cermin atas kualitas aqidah, ibadah, muamallah, dan adab yang dimilikinya.


Meskipun tidak setiap muslim menyadari koneksi mendunia yang dibangunnya, namun fakta ini tidaklah terbantahkan lagi. Bahwa setiap muslim terhubung satu sama lain sebagai saudara, yang masing-masing berjuang agar dapat beribadah kepada Allah SWT dan rahmatan lil’alamiin.


Ketika muslim di Palestina, Afghanistan, dan Iraq diserang dan diduduki negara-negara Barat (Amerika Serikat, Israel, Inggris, Perancis, dan sekutu-sekutunya), maka setiap muslim membantu saudara muslimnya, sesuai kemampuan masing-masing, termasuk dengan doa yang khusyu kepada Allah SWT


Ketika muslim di Mesir, Libya, dan Suriah diadu-domba oleh negara-negara Barat, maka setiap muslim membantu saudara muslimnya, sesuai kemampuan masing-masing, termasuk dengan doa yang khusyu kepada Allah SWT.


Selamat merenungkan, semoga Allah SWT meridhai…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar