Sabtu, 07 Januari 2012

AYO KITA FAHAMI...

Allah SWT berfirman, "Dia (Allah) memberi hikmah (kemampuan memahami) kepada siapapun yang Dia kehendaki. Barangsiapa yang diberi hikmah, sesungguhnya ia telah dianugerahi banyak kebaikan. Dan tidak ada yang dapat mengambil pelajaran, kecuali orang-orang yang mempunyai akal" (QS.2:269).

Melalui ayat ini, Allah SWT mengajak setiap manusia berikhtiar sehebat-hebatnya agar layak memperoleh hikmah dari Allah SWT, yaitu kemampuan memahami sebagian fenomena yang dijumpainya. Istilah "sebagian" digunakan untuk menjelaskan, bahwa berapapun banyaknya hal-hal yang difahami seseorang, maka sesungguhnya ia barulah memahami sebagian (bahkan sebagian kecil).

Seorang manusia yang telah memperoleh hikmah, akan mampu merancang kebaikan yang banyak, sebagai salahsatu bentuk ibadah kepada Allah SWT dan rahmatan lil'alamiin. Untuk itu ia harus berikhtiar agar layak mendapat hikmah, dengan bekerja keras dalam melatih kemampuan akalnya, sehingga ia akan dapat mengambil pelajaran atas setiap fenomena yang ia jumpai.

Selamat berjuang, semoga Allah SWT meridhai....

InsyaAllah...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar