Sabtu, 28 Januari 2012

BETTER HEALTH

“Better health” berarti “lebih sehat”. Istilah “better health” penting bagi setiap manusia, karena ketika hidup dalam keadaan sehat, seorang manusia dapat sebaik-baiknya beribadah kepada Allah SWT dan rahmatan lil’alamiin.


Berkaitan dengan kesehatan, Rasulullah Muhammad SAW telah memberi teladan yang baik. Hingga berusia 63 tahun, Rasulullah Muhammad SAW hanya beberapa kali mengalami sakit ringan. Gaya hidup sehat versi Rasulullah Muhammad SAW biasa disebut dengan istilah “Ath Thibbun Nabawi”.


Ath Thibbun Nabawi, terdiri dari: Pertama, mencegah datangnya penyakit dan racun, dengan cara: (1) berolah-raga secara teratur dan berkualitas dari segi kesehatan, (2) menjaga kesehatan dan kebersihan, (3) melaksanakan ibadah dengan baik dan khusyu, dan (4) menjaga perilaku sehari-hari sesuai dengan sunnah Rasulullah Muhammad SAW.



Kedua, mengkonsumsi makanan berkualitas dan bergizi, dengan cara: (1) meminum air dalam jumlah yang cukup, (2) bagi para ibu yang memiliki bayi hendaklah menyusui bayinya selama dua tahun penuh, (3) gemar mengkonsumsi madu sebagaimana yang dilakukan Rasulullah Muhammad SAW, (4) mengkonsumsi daging dalam jumlah yang cukup, dan (5) mengkonsumsi minyak zaitun, yang dihasilkan dari pohon zaitun, yang menurut Rasulullah Muhammad SAW, pohon zaitun adalah pohon yang diberkahi Allah SWT.


Ketiga, tidak mengkonsumsi makanan beracun dan haram, dengan cara: (1) tidak mengkonsumsi yang haram, seperti: bangkai, darah, daging babi, dan binatang yang ketika disembelih tidak menyebut nama Allah SWT; (2) Tidak mengkonsumsi khamar, minuman keras, atau minuman beralkohol; dan (3) mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal sebagaimana di tetapkan Allah SWT dan dijelaskan oleh Rasulullah Muhammad SAW.


Keempat, melakukan pengobatan dan pembuangan racun dari tubuh, atau detoksifikasi, dengan cara: (1) melakukan bekam sebagaimana yang pernah dilakukan oleh Rasulullah Muhammad SAW sebagai bagian dari upaya detoksifikasi; (2) selain detosifikasi bekam bermanfaat untuk meringankan otot yang kaku, dan mempertajam pandangan mata; dan (3) melakukan pengobatan sesuai dengan teknologi medis yang sedang berkembang, sebagai ikhtiar memperoleh kesembuhan atas suatu penyakit.


Selamat berikhtiar, semoga sehat, dan semoga Allah SWT meridhai…



Sumber: “Ath Thibbun Nabawi” yang diterbitkan oleh Granada Mediatama, Solo.

...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar