Rabu, 19 Oktober 2011

MAKE CHANGE, MAKE A GIFT

“Make change, make a gift” (buat perubahan, sebagai hadiah) merupakan pepatah yang dapat memotivasi setiap manusia untuk berkenan berubah. Setiap manusia perlu berubah, karena perubahan ke arah yang semakin baik merupakan hadiah yang terbaik bagi diri sendiri maupun orang lain.


Rasulullah Muhammad SAW ketika diutus oleh Allah SWT ke dunia, sesungguhnya memiliki missi perubahan. Ia ditugaskan oleh Allah SWT agar mengajak manusia merubah pemikiran, sikap, tindakan, dan perilakunya dari jahiliah ke Islami.


Diutusnya Rasulullah Muhammad SAW ke dunia, sekaligus merupakan pertanda bagi manusia untuk berkenan berubah menjadi lebih Islami. Apabila suatu kaum tidak bersedia berubah menjadi lebih baik dengan semakin Islami, maka Allah SWT akan mengganti kaum tersebut dengan kaum yang lain.


Allah SWT telah mengingatkan, “Itulah kamu. Kamu diseru agar membelanjakan harta kamu pada jalan Allah, maka di antara kamu ada yang kikir. Barangsiapa yang kikir, maka sesungguhnya kekikiran bagi dirinya sendiri. Allah Maha Kaya, sedang kamu kikir. Karena kamu berpaling, niscaya Ia (Allah) akan menggantikan kamu dengan kaum yang lain. Mereka tidak akan serupa denganmu” (QS.47:38).


Dalam QS.47:38 salah satu parameter perubahan adalah kekikiran. Setiap manusia yang telah berubah menjadi lebih Islami tidak akan lagi kikir. Baginya membelanjakan harta di jalan Allah SWT merupakan salah satu cara beribadah kepada Allah SWT dan sekaligus rahmatan lil’alamiin.


Jika orang kikir berpaling ketika Allah SWT memerintahkan membelanjakan harta di jalan Allah SWT, maka seorang manusia yang telah berubah menjadi lebih Islami justru menyambut seruan itu dengan penuh suka cita. Baginya tidak ada jalan lain selain mengabdikan hidupnya untuk Allah SWT.


Allah s.w.t. mengingatkan, “Tolong menolonglah kamu dalam mengerjakan kebajikan dan taqwa. Namun jangan tolong menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan” (QS.5:2).


Berdasarkan QS.5:2 ini, maka tindakan seorang manusia untuk membelanjakan harta di jalan Allah SWT hendaklah dilakukan secara sinergi, agar hasil (output) dan dampak (outcome) yang diperoleh dapat optimal.


Dengan demikian agar dapat “Make change, make a gift” seorang manusia perlu memperhatikan perintah – perintah Allah SWT, misalnya tidak kikir, melainkan siap untuk membelanjakan harta di jalan Allah SWT. Lebih hebat lagi bila ia bersedia bekerjasama dengan para pelaku kebajikan lainnya, sehingga hasil dan dampak kebajikannya optimal.


Selamat berikhtiar, semoga Allah SWT meridhai…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar